Perbedaan Blog dan Website Secara Umum

perbedaan blog dan website

Apa sih bedanya Blog dan Website? Perbedaan Blog dan Website yang paling umum, baik secara tampilan, fungsi, kebutuhan dan lain-lain yang akan coba saya rangkum dalam beberapa poin utama. Karena akan sangat banyak jika dijelaskan secara teknis dan mendetail.

Pada dasarnya Blog atau Web Log adalah sebuah Website (Sebelumnya, boleh dibaca dulu Apa itu Website?). Blog bisa menjadi situs web sendiri atau bagian dari situs yang lebih besar. Tetapi Blog lebih spesifik yang umumnya berisi konten-konten dinamis yang selalu di update berkala oleh pemilik Blog itu sendiri. Sedangkan Website bersifat Statis hanya untuk menampilkan profil sebuah perusahaan, badan usaha, komunitas, pribadi dll, dalam sebuah situs web yang bisa diakses siapapun. Website bisa dibagi kedalam beberapa jenis yang spesifik seperti Toko Online, Portal Berita, Forum dll.

Baiklah daripada tambah bingung, kita bedakan aja dulu Blog itu berupa situs kumpulan artikel-artikel yang di update berkala. Website itu adalah situs yang biasanya untuk menampilkan profil sebuah perusahaan yang bersifat statis tanpa perlu di update berkala.

Berikut Perbedaan Blog dan Website yang paling umum adalah:

1. Perbedaan Blog dan Website secara Layout/Tampilan

Blog pada bagian halaman indeks/home, tampilannya hanya menyuguhkan artikel-artikel/konten terbaru yang selalu berubah dengan topik-topik yang beragam. Masing-masing artikel ada halaman detailnya dengan penjelasan yang lebih panjang. Ini contoh Blog

Website pada bagian halaman indeks/home, tampilannya lebih variatif dengan elemen-elemen yang lebih beragam. Halaman home website biasanya adalah rangkuman dari keseluruhan isi website tersebut. Seperti ada Big Banner Slideshow/tanpa Slideshow, Sekilas Jasa atau Produk, Testimoni, Artikel/News/Event terbaru Contact Form dan lain-lain. Ini contoh Website

2. Perbedaan Blog dan Website secara Konten

Konten Blog mempunyai tema yang beragam, mulai dari Tutorial, Opini, Review, Curhatan Pribadi, Puisi atau tema-tema yang lebih spesifik seperti Otomotif, Bola, Travel, Kuliner dll. Konten selalu di update secara berkala atau tergantung mood dari si penulisnya itu sendiri. Dan umumnya Blog dimiliki oleh pribadi dan siapapun bisa memiliki Blog.

Konten Website biasanya bersifat statis karena informasi perusahaan mengenai Visi Misi, Produk, Jasa dan lain-lainnya jarang/hampir tidak pernah di update. Kecuali pemilik website tersebut aktif dan bisa saja sering update misalkan di bagian Produk ada penambahan, atau perubahan jasa, penambahan testimoni bahkan menambahkan berita/event. Dan umumnya Website dimiliki oleh perusahaan, instansi, atau pribadi seperti artis/public figure.

3. Perbedaan Blog dan Website secara Interaksi Komunikasi

Blog pasti memiliki kolom komentar agar pengunjung blog bisa memberikan komentar pada masing-masing artikel yang di posting dan pemilik/admin blog bisa membalasnya. Namun bisa juga komentar tidak di aktifkan oleh pemilik web dengan berbagai alasan.

Website bisa juga menambahkan fitur kolom komentar ini, tapi jarang digunakan karena kebanyakan website hanya menampilkan profil usaha tanpa harus dikomentari.

4. Perbedaan Blog dan Website secara SEO

Blog lebih disukai mesin pencari seperti Google karena konten yang selalu update dan beragam. Untuk yang baru memulai usaha, mempunyai Blog sangatlah penting untuk meningkatkan situsnya di deretan atas hasil pencarian dengan menargetkan kata kunci tertentu di dalam artikelnya. Karena oarng diluar sana tidak tau Barnd Usaha kita, maka Blog adalah jembatan untuk lebih dikenal lebih luas.

Website yang umumnya dimiliki perusahaan, sepertinya tidak terlalu membutuhkan SEO karena jika Brandnya sudah terkenal, orang akan mengetikan nama perusahaannya untuk mengakses websitenya tanpa harus mengetikan kata kunci. Contohnya, orang tidak akan mengetikan kata kunci “perusahaan minyak terbesar di indonesia”, tetapi akan langsung mengetikan “Pertamina” di kolom pencarian.

Kesimpulan

Jadi akan membuat Blog atau Website, tergantung tujuan Anda untuk berkecimpung di dunia online. Karena masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika Anda suka menulis tentang topik apapun yang disukai, mempunyai Blog sebenarnya sudah cukup. Tetapi jika Anda ingin memulai usaha yang menjual produk atau jasa, mempunyai website sekaligus terdapat blog di dalamnya adalah pilihan yang tepat.

Baca Juga: Cara membuat Blog Gratis

 

Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jasa Web Bogor dapat membuat Website Berkualitas dengan Desain yang Profesional untuk Bisnis Anda
CHAT WA