Apa itu Website? Pengertian Website Secara Umum

apa itu website

Apa itu Website? Bagaimana sejarah website? apa fungsi website? ada berapa jenis webite? semua pertanyaan tersebut yang sering orang tanyakan dan tentunya akan memakan banyak waktu untuk menjelaskannya secara detail dan mendalam. Tetapi saya coba rangkum secara garis besar saja semoga mudah difahami.

Apa itu Website? Pertanyaan yang Sebenarnya Anda Pasti Tahu

Semakin berkembangnya internet di Dunia bahkan di Indonesia, semakin banyak pula yang mengenal website. Atau mungkin ada yang tidak tahu/sadar jika apa yang Anda kunjungi/buka untuk mencari berbagai informasi setiap hari di internet baik melalui komputer/laptop atau handphone adalah website.

Siapa saat ini yang tidak mengenal atau minimal mendengar Google, Facebook, Twitter, Tokopedia, Bukalapak, Traveloka dll. Ketika Anda membuka layanan-layanan tersebut itu semua adalah website, yang umumnya ber-ekstensi domain .com, .net, .org, .co.id dan masih sangat banyak ekstensi domain lainnya.

Bagaimana caranya membuka/mengakses website? Selain yang utama adalah memiliki perangkatnya seperti laptop atau handphone/smartphone, yang penting lainnya adalah terhubung dengan internet melalui jaringan wi-fi/paket data internet dan browser seperti Chrome, Firefox, Microsoft Edge, Safari, Opera dll.

Sebuah website dibuat dari elemen utama seperti HTML, CSS dan Javascript. Lalu digabungkan dengan teknik pemrograman (Coding Skill) dengan memberikan unsur Desain pada CSS agar indah dilihat dan fungsi-fungsi javascript agar lebih dinamis, lalu baris-baris bahasa program tersebut diterjemahkan oleh peramban web (Browser) untuk ditampilkan layaknya apa yang kita lihat di komputer kita, akan sama dengan apa yang dilihat orang lain di seluruh dunia yang mengakses website kita.

Website juga mempunyai unsur yang pasti selalu ada:

  • Nama Domain (misalkan: www.google.com), karena domain ibaratnya adalah alamat toko/usaha kita di internet. Jika tidak mempunyai alamat domain, website hanya bisa diakses di komputer pribadi saja dan orang lain tidak bisa akses.
  • Hosting. ibaratnya hosting adalah rumah/toko dengan segala isinya. Sebuah web pasti mempunyai tempat penyimpanan file website tersebut. agar bisa diakses oleh pengunjung lain di seluruh dunia, maka disimpan di sebuah server yang disewa melalui jasa hosting tertentu.

Website bisa dibagi menjadi beberapa jenis yang umum/populer seperti:

  • Portal Berita (Contoh: Kompas.com, Detik.com, Liputan6.com dll)
  • Toko Online/e-Commerce (Contoh: Bukalapak.com, Tokopedia.com, Lazada.com dll)
  • Web Perusahaan/Company Profile (Contoh: Pertamina.com, Telkom.co.id, bca.co.id dll)
  • Jenis lainnya seperti Blog, Social Media, Forum, Jasa Domain & Hosting, dan masih banyak jenis website lainnya yang akan sangat susah di klasfikasikan karena sangat beragam dan mempunyai keunikan masing-masing.

Jadi website itu adalah ibarat sebuah toko/rumah/perusahaan yang menyajikan informasi, jual produk/jasa, yang bisa di akses dengan mengetikan domain website tersebut, lalu akan diterjemahkan oleh browser dan ditampilkan secara utuh di komputer/handphone Anda.

Jika website diibaratkan sebuah bangunan, maka setiap orang yang berbisnis melalui internet akan membutuhkan website sebagai “bangunan” yang bisa dijadikan Toko Online, Kantor Jasa atau apapun kebutuhannya.

Baca juga: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Website

Tags: , , ,

Jasa Web Bogor dapat membuat Website Berkualitas dengan Desain yang Profesional untuk Bisnis Anda
CHAT WA