Cara Promosi Produk Online Untuk Meningkatkan Penjualan

cara promosi produk online

Cara Promosi Produk Online dapat dilakukan dengan berbagai cara. Cara apapun bisa memberikan dampak positif karena promosi adalah salah satu usaha untuk memperkenalkan produk kita dibanding tidak dipromosikan. Setelah dipromosikan, hasilnya tergantung usaha kita bagaimana cara dan trik prmosinya. Banyak faktor yang mempengaruhi seperti kualitas produk itu sendiri, banyaknya minat terhadap produk tersebut, dan lain-lain.

Apa cara yang dilakukan untuk memperomosikan produk Anda saat ini? Jika masih belum dipromosikan scara online di internet, sudah saatnya untuk dimulai saat ini juga. Karena potensi untuk meningkatkan penjualan sangat terbuka lebar. Karena akses internet sudah sangat luas menjangkau seluruh lapisan masyarakat.

Mau pesan makanan, pesan baju, sepatu, bahkan pesan ojek pun sudah dilakukan secara online. Selain itu biaya promosi secara online relatif lebih murah dibanding promosi secara konvensional.

Apa Saja Cara Promosi Produk Online Untuk Usaha Anda?

Sama seperti usaha secara offline yang harus mempunyai tempat secara fisik seperti di Ruko, Mall atau bangunan tersendiri, di dunia online pun kita harus mempunyai “toko” untuk dilihat oleh banyak orang produk-produk apa saja yang kita jual. Maka ada istilahnya “Toko Online” atau bahasa kulonnya Online Store yang sangat menjamur saat ini.

Toko online itu harus kita buat sebagai tempat menampilkan produk-produk yang dijual. Bedanya dengan toko fisik, produk yang ditampilkan hanya berupa foto/gambar berikut harga, cara pemesanan, kontak penjual dll. Foto dengan kualitas bagus akan memberikan tingkat ketertarikan yang sangat tinggi bagi calon pembeli/konsumen. Disamping itu identitas/logo yang bagus juga akan memberikan dampak yang positif.

Sebelum promosi scara online, yang harus dipersiapakan adalah:

  1. Logo/Identias usaha Anda. Buatlah desain yang baik, karena hal pertama yang diingat oleh konsumen adalah identitas usaha kita yaitu dari Logo. Baca juga: Pentingnya Desain Logo Bagi Perusahaan
  2. Kemasan/Packaging. Kemasan yang menarik akan meningkatkan penjualan. Sebagai produk yang belum dikenal masyarakat luas, ini adalah kunci utama agar bisa menjadi perhatian orang untuk membeli atau mencoba produk kita.
  3. Nama Domain (alamat web) untuk toko online kita. Sebelum membuat toko online, riset dulu kata kunci yang berhubungan dengan produk kita. Karena ini akan memberikan efek yang bagus di hasil pencarian Google jika seseorang mencari kata kunci tersebut. Misalkan kita menjual “Kue Brownis”, sarannya adalah domain yang bagus haruslah mengandung kata kunci tersebut. Karena orang akan berkungjung ke toko online kita, melalui kata kunci yang diketik di kolom pencarian google, karena sebagai usaha baru tentunya belum dikenal. Jadi nama domain memegang peranan penting. Misalkan “kuebrownis.com” atau “kuebrowniskukus.com”. Jika belum ada yang menggunakannya, pakailah nama domain tersebut.
  4. Pembuatan Toko Online. Setelah menentukan nama domain, jika diibaratkan nama domain itu adalah alamat toko kita di dunia internet, maka toko online itu bangunan tokonya, yang berisi produk-produk yang akan dijual. tetapi banyak juga yang berjualan secara online dengan menggunakan situs-situs marketplace seperti Shopee, Lazada, Tokopedia dll. atau melalui facebook, Instagram, WA dll. Itu juga channel-channel untuk promosi. Ilustrasinya adalah, jika mempunyai toko online, Anda mempunyai toko sendiri di sebuah bangunan dan orang akan berkunjung ke toko Anda melalui promosi atau orang tidak sengaja lewat dan tertarik melihat logo dan kemasannya. Marketplace itu ibaratnya sebuah Mall, banyak pedagang lain di dalam mall tersebut. Jika melalui WA, IG atau FB, ibaratnya kita menawarkan barang langsung dan dilakukan berulang-ulang agar orang tertarik. Jadi mana yang paling efektif? kalo bisa semuanya dilakukan :).

Setelah mempunyai toko online, Promosi melalui berbagai cara bisa dilakukan:

  1. Cara pertama adalah SEO. SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization. Jadi singkatnya SEO adalah cara yang dilakukan agar website kita mempunyai ranking atau peringkat yang bagus (terutama halaman 1) di Google ketika orang mengetikan kata kunci di google search bar. Mengapa Google? Karena Google saat ini yang paling banyak dipakai untuk mencari hal apapun di internet.
  2. Google Ads. Google Ads adalah layanan Google yang memberikan layanan kepada para pelaku usaha untuk beriklan melalui Google, dana iklan kita akan bisa dilihat melalui hasil pencarian google dan di berbagai channel bisnisnya seperti YouTube, Gmail, Maps dan berbagai Website/Blog yang mendaftar sebagai Publisher/Penayang iklan-iklan dari Google Ads. Jadi potensi untuk dikenal secara luas sangat etrbuka lebar
  3. Facebook/Instagram Ads. Sama seperti Google, Facebook dan Instagram juga mempunyai program periklanan. Bedanya, iklan kita hanya bisa dilihat oleh semua user/pengguna Facebook/Instagram yang ditargetkan. Tetapi jumlah pengguna Facebook/Instagram sangat besar juga, jadi sangat efektif juga sebagai sarana promosi iklan kita.
  4. Lain-lainnya bisa melalui Whatsapp, Tiktok, dan program-program periklanan lokal seperti di Kompas dll.

Itulah gambaran singkat untuk cara mempromosikan produk Anda secara online. Jika sudah menjalaninya, akan banyak info-info lainnya untuk lebih meningkatkan promosi Anda.

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jasa Web Bogor dapat membuat Website Berkualitas
dengan Desain yang Profesional untuk Bisnis Anda
Chat via Whatsapp