Panduan Membuat Website WordPress di Localhost

install wordpress di localhost

Untuk Kamu yang membutuhkan Panduan Membuat Website WordPress di Localhost yang di install di komputer dan bisa dilakukan tanpa koneksi internet sekalipun, Ikuti panduannya tentang membuat website wordpress dengan bantuan software local server XAMPP.

Karena di install di komputer sendiri, jadi website ini hanya bisa dilihat di komputer kamu sendiri. Agar website bisa di akses/dilihat oleh semua orang di seluruh dunia, diperlukan Web Hosting atau Cloud Server dan Domain. Nah gunanya local server ini, istilahnya untuk membuat konsep website sebelum di upload ke Cloud Server dan dilihat oleh orang lain.

Siapkan beberapa hal yang akan menunjang pembuatan website ini sukses yaitu XAMPP, Code Editor seperti Notepad++ atau Sublime Text (saya sarankan Sublime karena ringan dan mudah di kuasai), dan jangan lupa Kopi/Teh, sambil dengerin musik favorit jika suka dan tentunya Laptop/komputer itu sendiri. Kalo gak punya boleh pinjem temen/tetangga, atau mau beli laptop? kebetulan punya saya mau dijual. hehe… Jangan coba tutorial ini di Handphone ya, karena akan susah dan kemungkinan tidak akan berhasil :D.

Gak usah sok asyik dan basa-basi lagi, let’s just get started.

Install XAMPP

Untuk install XAMPP, silahkan download di web resminya disini, pilih versi terbaru dan platform komputer yang sesuai. Untuk tutorial ini saya menggunakan Windows 10 64 Bit. Setelah berhasil di download, kemudian Install di komputer kamu. Bagaimana cara installnya? banyak tutorial yang membahas ini. karena saya belum buat postingan cara install XAMPP, silahkan cari infonya di Google saja ya :).

Setelah berhasil ter-install, buka aplikasi/icon XAMPP-nya lalu akan muncul jendela Control Panel XAMPP. Cukup aktifkan atau klik tombol “Start” pada Apache dan MySQL seperti pada gambar dibawah ini.

cara aktifkan xampp

Sampai disini, Kamu sudah memiliki local server sendiri di komputer. Untuk melihatnya, ketik di kolom URL browser seperti ini http://localhost/dashboard/

tampilan awal xampp

Install Code Editor Sublime

Dalam pembuatan website, tentunya dibutuhkan software Code Editor, atau software untuk menuliskan baris kode berupa CSS, HTML, Javascript dan Bahas program seperti PHP (Karena WordPress berbasis PHP). Tapi ini bisa di lewati dulu karena akan dibahas Insya Allah di artikel selanjutnya tentang cara membuat Theme/tema WordPress Custom atau buatan sendiri.

Tidak ada salahnya silahkan download dulu Sublime Text nya di: www.sublimetext.com/3

Download WordPress dan Penempatan File

Inti dari semuanya tanpa mengesampingkan peran XMPP dan Sublime, adalah menginstall WordPress nya.

Download WordPress di: wordpress.org/download

download wordpress

Setelah berhasil di download, buka File Explorer dan cari hasil download tadi (biasanya di file folder Download), lalu extract filenya (berupa zip) dan buka folder yang sudah di extract tadi. Folder default utamanya bernama “wordpress”.

install wordpress

Copy/salin folder ini, lalu paste/sematkan di: D:\xampp\htdocs (Partisi C adalah default ketika XAMPP tadi di install. Saya sendiri di install di Partisi D. Bisa di partisi lainnya tergantung kamu tadi menginstallnya)

install wordpress 2

Folder ini bisa di rename sesuai nama web yang akan kita buat nantinya. Misalkan di rename menjadi “webku”. Usahakan penamaan folder jangan pakai “spasi” untuk memudahkan nanti mengaksesnya di browser.

install wordpress 3

Setting Database dan Install WordPress

Selanjutnya adalah buat dulu Database MySQL dengan cara buka di browser dengan mengetikan: http://localhost/phpmyadmin/

Lalu klik menu “Databases” dan buatlah nama database yang akan dibuat untuk website kita. Misalnya saya buat “webkudb”, lalu klik tombol “Create”.

Penamaan bebas saja asal nantinya jangan ketuker kalo project websitenya sudah banyak.

buat database

Langkah selanjutnya mulai proses Install website dengan membuka tab baru di browser (atau tutup tab pembuatan database tadi) lalu ketikan di kolom URL browser: http://localhost/webku/. (webku diganti dengan nama folder web yang sudah kamu buat pada langkah sebelumnya) selanjutnya akan terbuka halaman konfigurasi bahasa. Pilih Bahasa Indonesia (atau biarkan default English. Boleh bahasa Thailand juga sih asal beneran ngerti :D) klik “Lanjutkan”

install-wordpress 4

Jika tampilan seperti gambar dibawah ini, proses install WordPress sudah berhasil. Lanjutkan ke tahap berikutnya dengan klik “Ayo!”

install wordpress 5

Pada halaman selanjutnya akan diminta untuk memasukan beberapa paramater seperti database, username dll. Pada gambar dibawah ini adalah apa saja yang harus diisi:

  • Nama Basis Data: isi dengan nama Database yang sudah dibuat sebelumnya. dalam contoh ini adalah “webkudb”
  • Nama Pengguna: isi dengan “root”
  • Sandi: hapus dan biarkan kosong
  • Host Basis Data dan Prefix Tabel biarkan saja default seperti itu

Setelah iitu klik tombol “Kirim”

install wordpress 6

Jika berhasil, akan seperti gambar dibawah ini. Klik tombol “Jalankan pemasangan”.

install wordpress 7

Langkah terakhir dalam instalasi WordPress, Kamu akan diminta memasukan data berikut:

  • Judul Situs: Isi sesuai nama web yang kamu buat. Ini adalah nama web Kamu nantinya (tapi bisa dirubah lagi nanti). karena biar konsisten dari awal, maka dalam contoh ini nama webnya adalah Webku. Ada tambahan Kece biar lebih panjang sedikit :D.
  • Nama Pengguna: Hanya boleh berisi karakter alfanumerik (huruf dan angka), spasi, garis bawah, tanda minus, titik, dan simbol @. Catatan: Jangan menggunakan nama pengguna “admin”, karena itu adalah nama pengguna yang umum digunakan dan berpotensi hacker gampang masuk karena sangat gampang ditebak.
  • Sandi: Ini yang sangat penting. Buatlah sandi dari gabungan huruf, angka dan karakter seperti “#” dan buatlah serumit mungkin. Tapi jangan lupa di save ya biar kita sendiri lupa, kan gak lucu kita gak bisa masuk ke web kita sendiri. Meskipun sebenernya bisa di ubah dari Database juga, tapi usahakan jangan sampe lupa.
  • Email: Yang ini bebas asal bukan email orang lain :D.
  • Penampakan pada Mesin Pencari: biarkan jangan dicentang. Kecuali web kamu adalah web yang privat yang hanya bisa diakses oleh orang-orang tertentu dan tidak ingin orang lain tau. Biasanya hal seperti ini cocok untuk web komunitas/group yang anggotanya terbatas.

Setelah itu lalu klik “Instal WordPress”.

install wordpress 9

Selamat, web kamu sudah jadi, dan kamu bisa login dengan menggunakan Nama Pengguna & Sandi yang telah dibuat sebelumnya.

Untuk masuk ke halaman Dashboard/Admin web kamu, akses alamat ini: http://localhost/namawebkamu/wp-admin
Untuk menuju ke halaman depan web kamu, akses alamat ini: http://localhost/namawebkamu/

Demikian panduan membuat wordpress di localhost, semoga mudah di mengerti dan berhasil. Insya Allah akan dibahas selanjutnya cara membuat Theme/tema WordPress custom bukan modif dari hasil download.

Baca Juga: Cara Membuat Blog di Blogger/Blogspot dengan 3 Langkah Mudah

Tags: ,

2 Comments

  • Indah K says:

    Mantap!. Makasih infonya sangat bermanfaat kak.. btw, kakak kan jasa pembuatan website. dengan nulis artikel ini sama aja dong dengan “mematikan” usaha kakak sendiri?

    • deusain says:

      Terimakasih :). Awalnya sih ragu untuk membagikan tulisan ini. Tapi saya berfikir positif aja karena ilmu kan yang penting bermanfaat untuk orang lain. Dan apakah bisa mematikan usaha saya? Insya Allah rezeki sudah ada yang atur. Seperti pedagang di pasar aja yang jual daging banyak, tapi semua ada saja yang beli ke masing-masing penjualnya. Mungkin seperti itu 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Jasa Web Bogor dapat membuat Website Berkualitas dengan Desain yang Profesional untuk Bisnis Anda
CHAT WA